Kamis, 13 Juni 2013

Demam Korea Di Indonesia



Siapa yang tidak kenal dengan boyband SuJu (Super Junior) ? siapa yang tidak tahu dengan goyang Gangnam Style ? inilah salah satu bukti bahwa budaya korea telah mendunia atau merajalela di Indonesia. Istilah budaya korea yang sudah tidak asing lagi bagi para remaja atau dewasa yaitu K-Pop (Korean Pop). Mulai dari film korea, lagu / musik korea, boyband / girlband korea dan artis/aktor korea yang di tayangkan di televisi atau media masa lainnya ini membuat kebudayaan korea semakin populer.


Apa alasan para remaja sangat menyukai artis korea itu sendiri ? para remaja cenderung menyukai artis korea karena ketampanan atau kecantikannya, adapun karena mereka sangat kreativ dalam menarik perhatian masyarakat khususnya para remaja. Ini terlihat dari keaktifan mereka di dunia maya maupun dunia nyata. Sebut saja mereka fans, fans K-pop di Indonesia memiliki keaktifan tersendiri yaitu jika dilihat dari dunia maya banyaknya forum atau komunitas fans grup Indonesia, jika dilihat dari dunia nyata banyak sekali mereka yang datang saat di adakannya konser-konser tersendiri. Pergelaran konser K-Pop tersendiri dijadwalkan lebih sering di indonesia daripada negara lainnya karena Korea telah memilih Indonesia sebagai salah satu Negara di asia tenggara untuk didirikan pusat kebudayaan korea.

Berbagai tanggapan positif dan negatif pun muncul karena masuknya kebudayaan korea ke Indonesia. Tanggapan positif masuknya kebudayaan korea ke Indonesia yaitu generasi muda indonesia dapat terinspirasi dengan adanya budaya korea untuk lebih baik lagi, munculnya boyband atau girlband Indonesia karena terinspirasi dari adanya kebudayaan korea, dan beberapa kalangan telah memanfaatkan masuknya kebudayaan korea ini sebagai bisnis contohnya banyaknya perusahaan saling bekerja sama karena demam korea ini. Adapun tanggapan negatif masuknya kebudayaan korea ke Indonesia yaitu berkurangnya rasa cinta dan kebanggan terhadap budaya Indonesia sendiri, masyarakat khususnya para remaja leb ih menyukai produk korea seperti film korea, lagu / musik korea, boyband / girlband korea dan artis/aktor korea daripada produk Indonesia.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Enden Fadillah Nurdina
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top